Kamis, 18 Oktober 2012

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
Dari definisi sistem akuntansi ada unsur suatu sistem akuntansi yang pokok yaitu, formulir, catatan, yang terdiri dari jurnal, buku besar, dan buku pembantu serta laporan.

1. Formulir
Formulir merupakan dokumen yang digunakan untuk mencatat terjadinya transaksi. 

2. Jurnal
Jurnal merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas data keuangan dan data lainnya. 

3. Buku Besar (general ledger)
terdiri dari rekening-rekening yang digunakan untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal.

4. Buku Pembantu
Buku ini terdiri dari rekening-rekening pembantu yang merinci data keuangan yang tercantum dalam rekening tertentu dalam buku besar.

5. Laporan
Laporan merupakan hasil akhir proses akuntansi yang biasa disebut dengan laporan keuangan. Dapat berupa  neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan laba yang ditahan dan lainnya.


Faktor-faktor menyusun sistem akuntansi dalam suatu organisasi yaitu :
1. Sistem akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip cepat, yaitu harus mampu menyediakan informasi yang diperlukan dengan tepat waktu dan dapat memenuhi kebutuhan dan dengan kualitas yang sesuai.

2. Sistem akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip aman, yaitu harus dapat membantu menjaga keamanan harta milik organisasi.

3. Sistem akuntansi yang disusun harus memenuhi prinsip murah, yang berarti bahwa biaya untuk menyelenggarakan sistem akuntansi harus dapat ditekan sehingga relatif tidak mahal.

Tujuan sistem informasi akuntansi

Tujuan akhir kegiatan akuntansi adalah menerbitkan laporan keuangan, laporan keuangan tersebut merupakan sumber informasi bagi berbagai pihak yang digunakan untuk beberapa pengambilan keputusan. Akuntansi akan memberikan informasi kepada manajemen mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam organisasi untuk menjadi suatu bukti yang berguna dalam menentukan tindakan yang diambil.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar